Punya Ruko dan Mau Usaha Toko Klontongan? Ini Dia Persiapannya

Usaha di rumah toko atau ruko adalah usaha yang sedang marak di gandrungi saat ini, selain biaya sewa nya yang relative tidak se mahal menyewa rumah atau space di gedung, biasanya ruko selalu terletak di tempat yang strategis dan mudah di jangkau, karena itu lah banyak para pelaku usaha yang memilih ruko sebagai ruang usaha bagi mereka menjalankan usahanya.

Punya Ruko dan Mau Usaha Toko Klontongan? Ini Dia Persiapannya

Usaha apakah yang bagus untuk sebuah ruko? Semua tergantung dari lokasi, besar ruangan yang ada dan modal yang di miliki. Sepertinya hampir setiap bidang usaha bisa saja di letakkan atau di jalankan di ruko asalkan plan dan budget yang ada memadai dan mendukung bidang usaha tersebut.

Memang nantinya kita akan membahas tentang usaha toko kelontong di ruko dan persiapan yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha tersebut tetapi dalam setiap usaha sebenarnya persiapan yang harus Anda miliki adalah kurang lebih sama yang membedakan hanya jenis usaha dan barang barang yang harus Anda miliki untuk menunjang usaha yang akan Anda jalankan tersebut. Jadi pertanyaan apa saja persiapan yang Anda harus miliki jawaban yang paling tepat adalah Budget atau biaya. Kalau sudah ada budget persiapan yang lain menjadi mudah mengikuti hal lain yang Anda butuhkan.

Jadi apabila pilihan Anda sudah jatuh kepada toko kelontong maka persiapan yang harus Anda miliki adalah:

Supplier bahan bahan atau produk yang Anda butuhkan untuk di jual di toko kelontong yang Anda miliki, Anda harus mempunyai satu atau beberapa supplier yang menjual barang barang toko kelontong Anda dalam jumlah besar yang menawarkan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasar sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup untuk memulai usaha Anda.

Survey beberapa supplier yang di butuhkan adalah hal yang harus Anda lakukan untuk dapat memulai usaha Anda nantinya. Menjaga hubungan baik dengan supplier juga adalah hal yang harus Anda lakukan siapa tau di kemudian hari mereka akan memberikan Anda harga yang jauh lebih rendah atau beberapa barang dengan komuditas besar dengan diskon tertentu.

System pembayaran, system pembayaran apa yang Anda ingin jalankan di toko Anda? Misalnya apakah Anda membutuhkan pihak lain untuk menginstalasi system pembayaran tersebut? Atau Anda sudah memiliki system sendiri. Hal ini sangat penting karena perputaran keuangan Anda akan berasal dari system pembayaran yang Anda miliki. Apabila Anda memiliki karyawan untuk mengelola hal ini maka Anda harus menyiapkan waktu untuk mengajarkan atau training karyawan Anda agar mereka dapat mengoprasikan system ini apabila Anda tidak ada di tempat.

Gudang stok, Anda membutuhkan gudang untuk tempat penyimpanan stok barang kelontong Anda karena tidak mungkin Anda mencampurnya dengan display yang Anda miliki karena akan terlihat tidak menarik dan penuh. Maka gudang stok adalah tempat yang Anda butuhkan, Anda dapat membuatnya di belakang ruko Anda dengan menggunakan penyekat asalkan tidak terlihat dari luar.

Aplikasi stok management, aplikasi ini Anda butuhkan untuk mencatat dan mengatur stok stok yang Anda miliki. Tidak harus aplikasi asalkan Anda memiliki suatu catatan keluar masuknya stok yang Anda miliki, karena Anda harus tau apa saja yang keluar dan masuk ke toko Anda dan untuk menghindari kecurangan atau kehilangan stok yang Anda miliki. Apabila Anda tidak mempunyai system ini Anda harus siap dengan kerugian di akhir apabila tidak adanya catatan pemasukan dan pengeluaran barang barang yang ada di toko kelontong Anda.

Jadi persiapkan lah 4 hal utama di atas untuk kelancaran usaha yang Anda miliki, apabila Anda sudah memiliki 4 hal tersebut maka selanjutnya Anda hanya perlu memaitain usaha Anda dan cek semua hal yang berhubungan dengan kas keuangan Anda agar Anda dapat mendapat keuntungan dan menghindari kerugian yang besar. Minimal balik modal di beberapa bulan adalah goals yang harus Anda pikirkan dari awal.

Postingan populer dari blog ini

7 Alasan Mengapa Membeli Ruko itu Menguntungkan Meskipun Harganya Lebih Mahal

5 Jenis Usaha yang Bisa Dijalankan di Ruko yang Berukuran Kecil

Banyak Orang Kaya Tapi Bekerja Semaunya? Ibadah dan Kebaikannya Luar Biasa! Ini Faktanya